Cari Blog Ini

Senin, 04 Februari 2013

Mari Bermain Motor Jadul

Mari Bermain Motor Jadul

Buat sebagian orang, hobi ini terdengar aneh. “Mas, di rumah gak punya kalender, ya? Ini taun 2013, lho.”. “Kok masih pake motor jebot bikinan taun 1976, sih? Gak tau ya, kalo pabrikan motor itu tiap sekian bulan ngeluarin motor baru?”. “Mas, Anda datang dari masa lalu dengan mesin waktu, ya?”.

Emang kenapa dengan motor jadul? Buat saya, motor jadul itu unik, asyik, limited edition, susah nyarinya, dan tentu saja istimewa. Kenapa istimewa? Apa motor baru gak istimewa? Ha ha ha, bukan soal istimewa atau tidak istimewa sih, sebenernya. Tapi soal selera. Iya, selera pribadi masing-masing. Ada pepatah dari antah berantah yang berbunyi gini, “You Are What You Ride”. Yang artinya, “Kendaraan Anda mencerminkan Siapa Anda”. Dan buat saya pepatah itu bener pake banget tambah cuk, jadinya “bener banget, cuk.”. Jadi Anda bisa menilai orang itu dari kendaraannya. In this case, motor. Misalnya, yang suka motor baru, berarti dia orangnya up to date, cepat move on, dan pasti demen kredit. Nah, yang suka motor jadul, berarti dia unik, suka tampil beda cenderung aneh, menghargai sejarah, setia, dan susah move on. Ya tentu saja bukan plek seperti itu. Karakter orang dipengaruhi banyak faktor, gak cuma motornya aja. Tapi seenggaknya itu bisa memberi sedikit gambaran tentang karakter orang.

Balik lagi ke motor jadul, karena saya gak akan membahas karakter orang. Motor jadul itu banyak kelebihannya dibanding motor baru. Apa aja? Cekdizaut

1.  Investasi
Motor jadul itu investasi. Ketika motor baru mengalami depresiasi, motor jadul makin hari harganya makin melipir ke atas. Sesuai prinsip ekonomi, barang sedikit permintaan banyak maka harga naik. Sebagai gambaran, dulu harga motor Honda CB 100 kisaran sejutaan kondisi lumayan siap jalan. Harga segitu gak fixed, masih bisa digoyang. Sekarang, harganya sudah tiga jutaan. Itu kondisi apa adanya, bekas narik delman gantiin kuda. Motor jadul yang udah fully restored berapa? Beuh, kalo CB udah direstorasi, penjual ngasih harga seenak udelnya sendiri. Yang bikin melongo lagi adalah harga CB modifikasi, terutama modified in East Java. Di Nganjuk, harga CB modifikasi sekitar 30 jutaan. Biaya modifikasinya tentu saja gak segitu. Dan motor jadul itu semuanya bagian motornya laku. Dari rangkanya, mesinnya, sampai part-part kecil remeh temeh pasti laku.

2. Anti Maling
Motor jadul itu anti maling. Ketika motor baru dilengkapi dengan anti maling mutakhir, motor jadul gak pake apa-apa. Motor jadul yang rada modern masih sebatas kunci setang. Tapi meskipun begitu, motor jadul tetap aman dari maling. Jadi saya cuek aja sama kasus maling motor, lha wong malingnya juga cuek sama motor saya, kok. Sementara temen saya sibuk mengamankan motornya di parkiran dengan kunci setang, key shutter, gembok cakram, kunci rahasia, saya sudah menghabiskan dua batang rokok. Dengan pengaman se-lebay itu pun motor baru masih bisa ilang. Maling makin pinter, cuk.
 
3.    Bebas Tilang
Motor jadul itu juga aman dari tilang. Kalau lagi ada razia kepolisian, saya disuruh bablas aja. Mungkin jijik liat motor jadul J. Kadang kesel juga, sih. Pengen pamer STNK dan SIM, tapi malah suruh bablas aja. Jadinya STNK dan SIM saya tuh masih kinyis-kinyis, jarang beranjak dari tempatnya. Atau mungkin malah udah lengket sama dinding dompet saya.. Tapi, meskipun aman dari tilang, motor jadul tetep harus bayar pajak, ya. Murah, kok. Lagipula, adalah sebuah kebanggan tersendiri kalau motor jadul surat-surat lengkap dan pajak hidup.
4.     Mesin  Gampang Dioprek
Mesin motor jadul itu gampang dioprek, gampang dibikin kenceng. Misalnya motor jadul Honda. Honda itu, dari jaman Honda CB 100 cc sampe Tiger, mesinnya sebangun. Artinya, secara garis besar mesinnya sama. Jadi kalo mesin CB lu pasangi head Tiger langsung plek. Bahkan kalau mau, mesin Tiger bisa langsung pasang ke rangka CB! Posisi baut sama persis. Jadi jangan heran kalo di jalan liat Honda CB kenceng. Bahkan mekanik asal Purwokerto berhasil bikin CB mesin V twin! Yang termutakhir, dia bikin CB tiga silinder konfigurasi W! Dahsyat, dan pasti kenceng. Apa motor baru susah dibikin kenceng? Gak juga sih, pada dasarnya semua mesin motor itu bisa dibikin kenceng. Cuma ya keren kan kalo motor jadul larinya gak kalah. Lagipula motor baru dari sononya udah kenceng. ngapain lu bikin kenceng lagi? Buang-buang duit.
 5.   Sasis Badak

Sasis motor jadul itu kuat. Saya pernah buktiin, jatuh cium aspal bareng si Broto (nama motor jadul kesayangan gw). As shockbreaker depan yang pake motor baru (RX King) bengkok, velg depan peyang sepeyang-peyangnya. Dan saktinya, sasisnya gak papa! Badak gak, tuh? Motor baru sasisnya gak sebadak motor jadul. Motor baru jatoh kena trotoar aja sasisnya kena. Bodinya? Ya pasti pecah, lah, orang dari plastik. Kenapa sasis motor jadul itu kuat? Ya karena materialnya bagus. Sementara makin kesini spec material makin menurun karena alasan harga. Silakan bandingkan ketebalan sasis motor jadul dengan motor baru.
Yak, demikianlah postingan perdana saya, semoga anda termotivasi buat nyari motor jadul. Sebenernya masih banyak keuntungan motor jadul laen, tapi segini aja dulu yak? Kalo lu baca udah termotivasi buat nyari motor jadul ya, Alhamdulillah. Kalo belum, ya nanti saya posting lagi. Punya pengalaman sama motor jadul? Share di comment box, ya?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar